Selasa, 07 Mei 2019

5 Tips Mencuci Sepatu agar Tetap Tahan Lama

 5 Tips Mencuci Sepatu agar Tetap Tahan Lama

Bagi kamu yang sering bepergian, mobilitas tinggi mungkin membatasi waktu untuk merawat sepatu. Terlebih lagi saat musim hujan yang bertepatan dengan peak season di kantor, rasanya ingin beli sepatu baru saja sekalian.

Ya, alasan itu memang sering jadi pembenaran. Namun, coba lihat lemari sepatumu, semakin banyak sepatu yang terbengkalai, rasanya sayang kalau dibiarkan begitu saja. Siapa tahu kamu sebenarnya bisa menyisihkan sedikit waktu persiapan perjalananmu untuk cuci sepatu.

Misalnya, ketimbang menunggu lama flight di bandara, kamu bisa datang tepat waktu dengan ​ ​cek flight status di Traveloka. Tidak perlu buang-buang waktu dengan bengong di bandara, luangkan waktu untuk mencuci sepatu kesayangan dengan perawatan sederhana di rumah.

1.  Tidak Mencuci Menggunakan Detergen

Menjaga warna sepatu adalah hal paling penting yang harus diperhatikan. Beda material, berbeda juga cara perawatannya. Namun, hal yang pasti harus diperhatikan adalah penggunaan bahan kimia untuk mencuci sepatu. Saat kamu menggunakan bahan kimia keras seperti deterjen, bahan sepatu bisa kering atau melar. Kalau kamu mencuci pakai deterjen, jangan heran kalau sepatu kanvasmu kering dan mulai terlihat retak atau ada sobekan.

2.  Segera Dibersihkan Saat Terkena Kotoran

Menjelang musim hujan, mencuci sepatu memang makin malas. Kalau sampai tidak kering setelah dicuci, besok mau pakai sepatu apa lagi? Dilema pakai sepatu kesayangan memang begitu, sih. Rasanya pengen dipakai terus meski terkena air comberan.

Ya, jangan sebegitunya juga deh. Kamu pasti akan lebih sedih kalau sepatu kesayangan terkena kotoran yang sulit hilang. Makanya, kalau terkena percikan noda, sebaiknya langsung dibersihkan pakai sikat lembut.

3.  Keringkan dengan Temperatur Ringan

Kalau sudah dibersihkan, jangan sampai dibiarkan dengan keadaan lembap terlalu lama. Kalau tidak segera dikeringkan, nanti sepatumu bau. Meski harus segera dikeringkan, sebaiknya sepatumu juga dihindarkan dari sinar matahari langsung. Loh, nanti sepatunya malah lembap dan bau, dong? Tidak juga kok, kalau sepatumu diletakkan di bawah atap transparan, temperatur ringannya tetap bisa membuat sepatu cepat kering. Namun, warna sepatumu juga tetap terjaga karena tidak terkena matahari langsung.

4.  Tali Sepatu Sneakers Tidak Usah Dilepas

Pernahkah tali sepatumu malah berbekas kotor padahal baru dicuci? Nah, kalau kamu sering mengalami hal ini, sebaiknya tali sepatu tidak usah dilepas. Hal ini juga akan menjaga serat tali tidak cepat rapuh dan rusak sehingga lebih awet untuk digunakan. Jadi, saat sepatu sudah kering setelah dicuci, tidak akan ada bekas noda juga pada bagian tali.

5.  Semprotkan Pewangi

Jika sudah selesai membersihkan dan mengeringkan sepatu, kamu bisa melakukan satu langkah opsional lagi. Semprotkan pewangi dan angin-anginkan sepatu pada suhu ruang. Hal ini akan menghindarkan bau tidak sedap dari sepatu meski kamu gunakan sepanjang hari.

Sudah deh, tidak perlu banyak alasan lagi untuk menunda cuci sepatu kesayangan. Sekarang, kamu sudah tahu cara membersihkan yang tepat dan bisa membuat sepatumu lebih awet untuk dipakai beraktivitas.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons