Senin, 17 Juni 2019

Meski Bekerja, 5 Cara Ini Bisa Bikin Orang Tua Tetap Dekat dengan Anak

Meski Bekerja, 5 Cara Ini Bisa Bikin Orang Tua Tetap Dekat dengan Anak

Bagi ibu yang bekerja, tentu tak memiliki banyak waktu untuk bermain bersama buah hatinya di rumah. Hal inilah yang seringkali membuat anak kurang mendapatkan perhatian dari orang tuanya. Padahal, bonding antar anak dan orang tua harus dijalin secara kuat untuk mendukung tumbuh kembang sang buah hati. Meski bekerja, sebenarnya ibu masih bisa memaksimalkan waktu dengan si kecil, loh. Lantas, bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

1. Selalu memeluk anak sebelum berangkat dan pulang kerja

Satu hal terpenting yang tak boleh kamu lewatkan adalah memeluk si kecil setiap hari. Usahakan untuk selalu memeluknya, baik sebelum berangkat kerja dan pulang kerja. Ada banyak sekali manfaat pelukan yang bisa ibu dan anak dapatkan, salah satunya adalah meningkatkan bonding dengan si kecil.

Pelukan juga bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada anak sehingga anak tak akan merasa khawatir saat ditinggal orang tuanya bekerja. Dengan begini, hubungan kamu dan anak bisa tetap dekat meski kamu sibuk bekerja di kantor.

2. Jangan sibuk mengurusi hal lain ketika sedang bermain dengannya

Jika sudah berada di rumah, sebaiknya pusatkan perhatianmu untuk si kecil. Jangan membawa pekerjaan kantor ke rumah atau sampai sibuk mengurus pembayaran bpjs kesehatan. Hal ini bisa membuat kamu tak fokus bermain dengannya. Sibuk bermain gadget juga akan membuat anak merasa tidak dihargai.

Untuk menciptakan kedekatan dengan anak, berada di dekatnya secara fisik saja belum cukup. Kamu harus menjalin komunikasi dengannya, misalnya sambil membimbingnya belajar atau sekadar mengobrol dengannya. Ingat ya, Bu, bagaimanapun caranya kamu harus menghargai si kecil saat sedang bersamanya.

3. Sediakan waktu khusus untuk bermain dengan si kecil

Setiap anak membutuhkan perhatian orang tuanya. Jangan sampai anak jadi terlantar akibat kamu tak pernah menyediakan waktu untuknya. Jika kamu mempunyai waktu senggang, luangkan waktu untuk bermain dengan si kecil. Selalu temani ia belajar dan lakukan banyak hal dengannya. Kamu tentu ingin terus memantau perkembangan buah hatimu, kan?

Oleh sebab itu, sediakan waktu khusus untuk mengajaknya bermain. Kamu juga bisa mengajaknya berbelanja ke supermarket setelah kamu sampai di rumah. Meski hanya sebentar, quality time ini bisa membuat hubungan kamu dengan si kecil tetap terjalin baik.

4. Jangan melampiaskan rasa lelah dengan mengomeli anak

Bekerja memang akan membuatmu lelah. Biasanya, rasa lelah akan membuat seseorang lebih mudah tersulut emosi. Meski lelah, jangan pernah melampiaskan rasa lelahmu ke anak, apalagi sampai mengomelinya.

Jika memang merasa sangat lelah, cobalah untuk mendinginkan pikiran dengan melakukan hal-hal menyenangkan sebelum pulang ke rumah. Ketika pikiranmu sudah tenang dan tubuh terasa lebih ringan, maka inilah saat yang tepat untuk pulang ke rumah dan bertemu dengan buah hatimu.

5. Selalu tepati janji yang kamu buat dengan si kecil

Bu, anak akan mengingat apa yang sudah kamu janjikan kepadanya. Jika kamu melanggar janji yang kamu sudah buat, anak bisa kehilangan kepercayaan. Oleh karena itu, tepatilah janji yang sudah kamu buat dengan si kecil, ya.

Nah, bu, satu hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah berkomitmen terhadap diri sendiri karena sudah menjadi tugas orang tua untuk mendampingi anak-anaknya. Jadi, usahakan untuk melakukan semua hal di atas ya, bu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons