Senin, 04 November 2019

4 Ciri Audio Sound System Bermasalah

4 Ciri Audio Sound System Bermasalah

Perangkat atau peranti hiburan memang hal yang sangat penting terutama bagi kendaraan mobil saat kemacetan terjadi audio sound ini bisa mengusir kejenuhan dan juga penat. Meski begitu perangkat ini masih mengalami berbagai macam masalah yang mana harus segera diketahui oleh pemiliknya. Jika tidak segera diperbaiki bukan tidak mungkin kerusakan yang terjadi bisa semakin parah dan suara yang dihasilkan oleh audio tersebut tidak seperti yang Anda harapkan. Agar tidak merembet kemana-mana ada baiknya jika Anda tahu saat audio sound system Anda mulai mengalami masalah. Berikut ini adalah beberapa ciri audio sound mengalami masalah yang wajib Anda ketahui:

Suara yang Mendengung

Ciri pertama yang menjadi ciri audio sound yang rusak adalah suara yang dihasilkan ini mendengung. Penyebab mengapa hal ini terjadi karena disebabkan oleh kerusakan pada bagian penguat awal, driver, maupun pada komponen penguat akhir atau transistor. Pada umumnya yang sangat rawan terjadi kerusakan adalah transistor penguat akhir yang mana beban kerja yang dijalankan cukup berat terlebih dalam kondisi panas.

Suara Pecah

Ciri atau tanda audio sound yang rusak selanjutnya adalah suara pecah. Suara yang pecah akan menyebabkan suara yang keluar menjadi tidak enak didengarkan. Musik yang seharusnya bisa didengarkan dengan jelas justru menjadi memekakkan telinga akibat suara yang pecah tersebut. Hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari suara speaker yang pecah adalah dengan menghindarkan audio sound terjatuh karena akan menyebabkan komponen di dalamnya rusak.  

Mengeluarkan Bunyi Kresek-Kresek

Audio sound system yang rusak memiliki ciri berupa mengeluarkan bunyi kresek-kresek atau tidak jernih ketika memutar volume, bass, maupun pada bagian trebelnya. Penyebab mengapa hal ini terjadi adalah komponen di dalamnya sudah mulai aus. Anda bisa memberikannya cairan pembersih yang mana bisa dijual bebas di toko pasaran. Tetapi jika hal ini tidak banyak membantu maka hal yang bisa Anda lakukan adalah menggantinya dengan yang baru.

Mati Total

Ciri yang terakhir audio sound yang bermasalah dan mengalami gangguan adalah mati total. Jika perangkat Anda mengalami kerusakan total menandakan bahwa tidak ada daya yang dihasilkan. Untuk bisa mengatasi kerusakan ini Anda bisa mengecek kabel AC Cord yang ada padanya menggunakan multimeter. Jika komponen itu rusak Anda bisa menggantinya dengan yang baru namun jika penyakitnya tidak berada di situ maka langkah yang bisa Anda lakukan adalah mengecek fuse atau sekring. 

Saat putus Anda silahkan menggantinya dengan yang baru. Sedangkan jika fusenya masih bagus Anda bisa mengeceknya di speaker barangkali ada yang jebol dan semacamnya. Selain beberapa hal tersebut kerusakan juga bisa terjadi di bagian trafo baik untuk gulungan primer trafo atau di gulungan sekunder.

Demikianlah beberapa ciri audio sound system yang mengalami kerusakan, semoga informasi ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons